Ujian Praktek TIK


I. Soal Materi Microsoft Word

1. Surat Undangan

PETUNJUK PENGERJAAN  :

  1. Ketiklah teks dibawah ini dengan menggunakan perintah Microsoft Word.
  2. Aligment Justified
  3. Jenis huruf                                : Times New Roman
  4. Ukuran huruf                            : 12
  5. Margin atas (Top)                    : 4 cm
  6. Margin kanan (Right)              : 3 cm
  7. Margin bawah (Bottom)          : 4 cm
  8. Margin kiri (Left)                     : 3 cm
  9. Spasi                                          : 1,5 lines
  10. Ukuran kertas                         : Legal
  11. Gunakan fasilitas Shapes untuk menyisipkan Line/Garis.
  12. Gunakan fasilitas Paragraf First line untuk membuat paragraph baru.
  13. Gunakan fasilitas Bullets and Numbering untuk memberikan penomoran atau simbol-simbol lain.
  14. Ketiklah naskah sesuai dengan format font : huruf tebal, huruf miring, dan huruf garis bawah sesuai teks naskah.
  15. Hasil ketikan Simpan dengan Filename Nama Lengkap peserta masing-masing serta kelasnya.

Contoh  : Filename = Ira Kadarsih_IXA

Surat Undangan

File yang sudah dibuat dan disimpan kemudian kalian kirimkan melalui e-mail dengan fasilitas Attachment. Untuk dapat melakukan Attachment file, langkahnya sbb  :

  1. Masuk di halaman Yahoo!Mail
  2. ketik Yahoo! ID dan juga Password kalian. Tekan enter.
  3. Isilah To/Kepada  : andangth@yahoo.co.id    Subject/Judul  :  Ujian Praktek Ms Word.                     Kolom Cc boleh dikosongkan.
  4. Pilih/Klik file yang akan di-Attachkan, kemudian klik Open.
  5. Setelah file yang akan di-Attachment dipilih, proses Attachment Files akan berlangsung, tunggu sampai proses selesai.
  6. Setelah proses Attachment Files selesai,
  7. ketik pesan yang akan kalian secara sopan. sbb  :

Dengan hormat,

Dengan ini saya  :

Nama    : (Nama Peserta Ujian)

Kelas   : (Kelas Peserta Ujian)

No Absen: (No Absen Peserta Ujian)

Bersama ini saya lampirkan Ujian Praktek Ms. Word Kelas (Kelas Peserta Ujian).

Terima Kasih.

Pesan Emailkalian dapat klik Send untuk mengirim file yang kalian Attachmentkan ke alamat tujuan.

2. Surat Lamaran Pekerjaan

PETUNJUK PENGERJAAN :

  1. Ketiklah teks dibawah ini dengan menggunakan perintah Microsoft Word.
  2. Aligment Justified
  3. Jenis huruf                            : Times New Roman
  4. Ukuran huruf                       : 12
  5. Margin atas (Top)               : 4 cm
  6. Margin bawah (Bottom)     : 3 cm
  7. Margin kiri (left)                  : 4 cm
  8. Margin kanan (Right)          : 3 cm
  9. Spasi                                      : 1.5 lines
  10. Ukuran kertas                    : Legal
  11. Gunakan fasilitas Paragraf First line untuk membuat paragraph baru.
  12. Gunakan fasilitas bullets and numbering untuk memberikan penomoran atau symbol.
  13. Ketiklah naskah sesuai dengan format font : huruf tebal, huruf miring dan huruf garis bawah sesuai teks naskah.
  14. Hasil ketikan Simpan dengan Filename Nama Lengkap peserta masing-masing pada folder sesuai kelasnya.

Contoh : Folder = Kelas IX A, Filename = Ira Kadarsih

Surat Lamaran Kerja (2)

File yang sudah dibuat dan disimpan kemudian kalian kirimkan melalui e-mail dengan fasilitas Attachment. Untuk dapat melakukan Attachment file, langkahnya sbb :

  1. Masuk di halaman Yahoo!Mail
  2. ketik Yahoo! ID dan juga Password kalian. Tekan enter.
  3. Isilah To/Kepada : andangth@yahoo.co.id Subject/Judul : Ujian Praktek Ms Word. Kolom Cc boleh dikosongkan.
  4. Pilih/Klik file yang akan di-Attachkan, kemudian klik Open.
  5. Setelah file yang akan di-Attachment dipilih, proses Attachment Files akan berlangsung, tunggu sampai proses selesai.
  6. Setelah proses Attachment Files selesai,
  7. ketik pesan yang akan kalian secara sopan. sbb :

Dengan hormat,

Dengan ini saya :

Nama : (Nama Peserta Ujian)

Kelas : (Kelas Peserta Ujian)

No Absen : (No Absen Peserta Ujian)

Bersama ini saya lampirkan Ujian Praktek Ms. Word Kelas (Kelas Peserta Ujian).

Terima Kasih.

Pesan Emailkalian dapat klik Send untuk mengirim file yang kalian Attachmentkan ke alamat tujuan.

II. Soal Materi Microsoft Excel

3. Fungsi Statistik

PETUNJUK PENGERJAAN :

  1. Ketiklah teks dibawah ini dengan menggunakan perintah Microsoft Excel.
  2. Ketikan No dengan Data Urut.
  3. Isikan kolom Jumlah Nilai dengan Rumus (UTS+UAS+Praktik)/3.
  4. Isikan kolom Total Nilai Kelas dengan Fungsi SUM.
  5. Isikan kolom Rata-Rata Nilai Kelas dengan Fungsi Average.
  6. Isikan kolom Nilai Terendah dengan Fungsi Min.
  7. Isikan kolom Nilai tertinggi dengan Fungsi Max.
  8. Isikan kolom Jumlah data dengan Fungsi Count
  9. Hasil ketikan Simpan dengan Filename Nama Lengkap peserta masing-masing pada folder sesuai kelasnya.

Contoh : Folder = Kelas IX A, Filename = Ira Kadarsih

New Picture (1)

File yang sudah dibuat dan disimpan kemudian kalian kirimkan melalui e-mail dengan fasilitas Attachment. Untuk dapat melakukan Attachment file, langkahnya sbb :

  1. Masuk di halaman Yahoo!Mail
  2. ketik Yahoo! ID dan juga Password kalian. Tekan Enter atau Klik Sign In
  3. Klik New/Tulis
  4. Isilah To/Kepada : andangth@yahoo.co.id, Subject/Judul : Ujian Praktek Ms Excel.
  5. Pilih/Klik file yang akan di-Attachmentkan, kemudian klik Open.
  6. Setelah file yang akan di-Attachment dipilih, proses Attachment Files akan berlangsung, tunggu sampai proses selesai.
  7. Setelah proses Attachment Files selesai, kalian dapat klik Send untuk mengirim file yang kalian Attachmentkan ke alamat tujuan.

4. Fungsi Logika IF

PETUNJUK PENGERJAAN

 

  1. Ketiklah tabel di bawah ini dengan menggunakan perintah Microsoft Excel.
  2. Ketik kolom No dengan data urut.
  3. Isikan kolom Jabatan dengan Fungsi Logika jika kode A maka Direktur, kode B maka Staff Administrasi, kode C maka Staff Operator.Fungsi Logikanya =IF((B7=”A”),”Direktur”,IF(B7=”B”,”Administrasi”,IF(B7=”C”,”Operator”)))
  4. Isikan kolom Gaji dengan Fungsi Logika jika kode A maka 1.500.000, kode B maka 1.000.000, kode C maka 850.000. Fungsi Logikanya =IF((B7=”A”),”1500000″,IF(B7=”B”,”1000000″,IF(B7=”C”,”850000″)))
  5. Isikan kolom Tunjangan dengan Fungsi Logika jika kode A maka 20% dari gaji, kode B maka 10% dari gaji, kode C maka 5% dari gaji.
  6. Isikan kolom Astek dengan rumus 2,5% dari Gaji
  7. Isikan kolom Total dengan rumus (Gaji + Tunjangan) – Astek
  8. Hasil ketikan Simpan dengan Filename Nama Lengkap peserta masing-masing serta kelasnya.

Contoh : Filename = Ira Kadarsih_IXA

KETENTUAN :

Jabatan

Jika kode A maka Direktur

kode B maka Staff Administrasi

kode C maka Staff Operator

Gaji

Jika kode A maka 1.500.000

kode B maka 1.000.000

kode C maka 850.000

Tunjangan

Jika kode A maka 20% dari gaji

kode B maka 10% dari gaji

kode C maka 5% dari gaji

Astek

2,5% dari gaji

Total

(Gaji + Tunjangan) – Astek

New Picture

File yang sudah dibuat dan disimpan kemudian kalian kirimkan melalui e-mail dengan fasilitas Attachment. Untuk dapat melakukan Attachment file, langkahnya sbb  :

  1. Masuk di halaman Yahoo!Mail
  2. ketik Yahoo! ID dan juga Password kalian. Tekan enter.
  3. Isilah To/Kepada  : andangth@yahoo.co.id, Subject/Judul  :  Ujian Praktek Ms Excel. Kolom Cc boleh dikosongkan.
  4. Pilih/Klik file yang akan di-Attachmentkan, kemudian klik Open.
  5. Setelah file yang akan di-Attachment dipilih, proses Attachment Files akan berlangsung, tunggu sampai proses selesai.
  6. Setelah proses Attach Files selesai,
  7. ketik pesan yang akan kalian secara sopan. sbb  :Dengan hormat,Dengan ini saya  :
    Nama                    : (Nama Peserta Ujian)
    Kelas                    : (Kelas Peserta Ujian)
    No Absen             : (No Absen Peserta Ujian)
    Bersama ini saya lampirkan Ujian Praktek Ms. Excel Kelas (Kelas Peserta Ujian).

Terima Kasih.

Pesan Emailkalian dapat klik Send untuk mengirim file yang kalian Attachmentkan ke alamat tujuan.

III. Soal Materi Internet

PETUNJUK PENGERJAAN :

  1. Aktifkan Internet browser (Web Browser) dengan Mozilla atau Internet Explorer.
  2. Masuk di halaman Yahoo! Mail : http://mail.yahoo.com (bhs Inggris) atau http://mail.yahoo.co.id (bhs Indonesia).
  3. Ketik Yahoo ID dan juga Passwordnya, kemudian sign in.
  4. Klik New/Tulis Pesan
  5. Isikan To/Kepada (alamat tujuan e-mail), subject/Judul (judul e-mail) dan isi e-mail yang akan dikirimkan.

Form yang wajib diisi adalah To/Kepada (Kepada siapa e-mail akan dikirimkan), Subject dan isi e-mail/pesan yang akan dikirimkan ke alamat tujuan. Kolom Cc boleh dikosongkan.

To/Kepada        :  andangth@yahoo.co.id

Cc                          :

Subject/Judul : –

6.  Ketiklah teks dibawah ini, Tulis isi surat  :

Jangan lupa klik Sign Out untuk keluar email tersebut.

One response to “Ujian Praktek TIK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s